Khasiat Daun Pandan Untuk Kesehatan


Khasiat Daun Pandan Untuk Kesehatan - Saat ini pandan sudah mulai mudah untuk ditemukan. Orang-orang kini telah mengetahui betapa berkhasiatnya tanaman pandan ini bagi kesehatan. Kalau dulu pandan hanya bisa kita jumpai di rawa-rawa tau tempat-tempat lembab yang lain, maka saat ini pandan sudah banyak tumbuh dan ditanam di pekarang-pekarangan rumah.

Pandan adalah salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam keluarga Pandanaceae dengan nama latin Pandanus Amarillyfolius Roxb. Untuk membudidayakannya bisa dimulai dengan memisahkan terlebih dahulu bagian tunas baru yang tumbuh pada sela-sela akar. Kemudian menanam tunas baru tadi secara terpisah.

Agar tanaman pandan dapat tumbuh dengan subur dan sehat, maka anda juga harus memastikan lokasi tanam bertanah agak lembab dan juga teduh. Jangan sampai menanam pandan pada tanah yang kering apalagi dibawah terik matahari yang panas.

Selain dimanfaatkan sebagai pewarna alami, daun pandan saat ini juga mulai banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat-obatan tradisional. Kandungan saponin, alkaloida, tanin dan folifenol yang terdapat pada daun pandan, ternyata sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Nah berikut ini khasiat daun pandan dan beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan obat alami dari ramuan daun pandan.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan


Daun Pandan Untuk Mengobati Pegal linu

Penyakit pegal linu biasanya sering menyerang para pekerja keras yang mengandalkan kekuatan fisik untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. Untuk mengobatinya dengan daun pandan, maka anda bisa membuat ramuan daun pandan dengan resep dan cara sebagai berikut.
  • Siapkan 5 lembar daun panda. Pilih yang masih muda dan bagus.
  • Siapkan juga 20 lembar daun serai sebagai campuran daun pandan.
  • Setelah itu cuci kedua daun tersebut sampai benar-benar bersih dan lanjutkan dengan menumbuknya hingga halus.
  • Setelah selesai ditumbuk. Tambahkan atau campurkan minyak kayu putih dan minyak ganda pura sebanyak 1 sendok makan, kemudian aduk semua bahan ramuan sampai benar-benar tercampur rata. 
  • Setelah itu mulailah menggunakan ramuan dengan cara menggosok dan mengurut bagian tubuh anda mengalami pegal linu. Rutinkan pengobatan sampai pegal linu ini hilang.

Daun Pandan Untuk Mengobati Penyakit syaraf

Penyakit syaraf juga ternyata bisa diobati dengan ramuan daun pandan. Merutinkan untuk meminum ramuan daun pandan 2 kali sehari, dipercaya dapat membantu untuk menyembuhkan beberapa masalah pada syaraf. Adapun ramuan daun pandan yang berkhasiat untuk mengobati penyakit syaraf, bisa anda racik dengan resep sebagai berikut.
  • Siapkan 3 lembar daun pandan.
  • Kemudian cucilah daun pandan tersebut sampai bersih. Anda bisa menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih baik.
  • Setelah dibersihkan. Maka rebuslah 3 lembar daun pandan tadi bersama 3 gelas air. Biarkan sampai mendidih dan hanya tersisa seukuran 2 gelas air.
  • Minumlah air rebusan daun pandan tadi 2 kali sehari secara rutin.

Daun Pandan Untuk Mengobati Penyakit darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi juga bisa disembuhkan dengan daun pandan. Ramuan daun pandan untuk darah tinggi hapir sama dengan ramuan untuk mengobati penyakit syaraf diatas. Dosisnya pun sama persis yakni diminum rutin 2 kali dalam sehari.

Daun Pandan Untuk Mengobati Rematik

Orang yang sudah berumur biasanya akan sangat rentan terkena penyakit rematik ini. Apabila Anda saat ini sudah memasuki rentang umur 60 tahun lebih, maka sudah saatnya anda mulai berhati-hati dari serangan rematik. Untuk mengobati rematik dengan daun pandan. Anda bisa meracik ramun daun pandan dengan resep dibawah ini.
  • Siapkan 3 lembar daun pandan segar.
  • Cucilah daun pandan sampai benar-benar bersih.
  • Setelah itu lakukan atau potong ketiga daun pandan menjadi beberapa bagian.
  • Campur potongan daun pandan dengan minyak kelapa yang sedang mendidih.
  • Aduk sampai benar-benar merata dan ramuan sudah siap untuk digunakan.

Namun sebelum menggunakan ramuan diatas untuk mengobati rematik. Tunggulah sampai ramuan benar-benar dingin sempurna. Setelah itu mulailah menggunakan ramuan dengan cara menggosok atau memijat bagian tubuh yang terserang rematik.

Demikianlah beberapa khasiat yang bisa anda dapatkan dari ramuan daun pandan. Melihat khasiatnya yang ternyata sangat banyak, maka sudah saatnya anda mulai menanam tanaman pandan ini di pekarangan rumah anda.

1 Response to "Khasiat Daun Pandan Untuk Kesehatan"