Khasiat Bawang Hitam Untuk Kecantikan


Khasiat Bawang Hitam Untuk Kecantikan - Mungkin anda sudah mengetahui bahwa bawang putih sangat bermanfaat untuk kesehatan. Itulah sebabnya selain digunakan sebagai bahan penyedap masakan, bawang putih juga sering digunakan sebagai bahan pengobatan alami. Namun ternyata manfaat yang dimiliki oleh bawang putih bukan hanya sebatas manfaat untuk kesehatan. Lebih dari itu, bawang putih yang telah melalui proses fermentasi, juga bermanfaat bagi kecantikan. Bawang putih yang telah melalui proses fermentasi ini, biasanya dikenal dengan sebutan bawang hitam.

Kandungan-kandungan yang dimiliki oleh bawang hitam yang merupakan hasil fermentasi bawang putih antara lain flavonois dan polifenol. Dengan adanya dua kandungan ini, khasiat bawang putih dikatakan bisa meningkat sampai 10 kali dibandingkan khasiat bawang putih.

Adapun beberapa khasiat yang bisa anda peroleh dari bawang hitam, dapat anda temukan pada bagian selanjutnya dibawah ini.

Manfaat penting bawang hitam bagi kecantikan kulit

Bawang Hitam dapat Mencegah penuaan dini

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penuaan dini adalah dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari tumbukan bawang hitam. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari penggunaan bawang hitam ini, anda juga bisa mengkonsumsinya secara langsung.

Bawang putih yang telah difermentasi menjadi bawang hitam, akan mengandung minyak astiri dan vitamin A yang akan berperan sebagai antibakterial yang mampu melindungi kulit dari serangan virus atau bakteri penyebab penuaan dini.

Bawang Hitam dapat Menghilangkan bekas luka

Terkadang luka yang terjadi di kulit akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Meskipun tidak berdampak buruk bagi kulit, tapi bekas luka ini bisa mengurangi penampilan.

Nah apabila anda memiliki bekas luka dan ingin menghilangkannya, maka anda juga bisa menggunakan bawang hitam. Karena senyawa anti radang yang terkandung pada bawang putih, dipercaya mampu untuk membantu menghilangkan bekas-bekas luka di kulit.

Bawang Hitam dapat Mencegah timbulnya jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh wanita ataupun pria yang masih berusia remaja. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan obat jerawat ataupun sabun pencuci muka yang bisa dibeli di apotek atau di toko-toko.

Namun bila ingin mengobati atau mencegah munculnya jerawat secara alami, maka kita bisa memanfaatkan kandungan antioksidan yang dimiliki oleh bawang hitam.

Adapun cara bisa kita lakukan untuk mendapatkan manfaat bawang hitam sebagai pencegah jerawat ialah dengan membuat masker wajah berbahan bawang hitam. Cara membuat dan pemakaiannya adalah sebagai berikut :
  • Siapkan 1 siung bawang hitam kemudian cuci dengan air sampai bersih
  • Bawang hitam yang telah bersih kemudian ditumbuh sampai halus
  • Gunakan tumbukan halus bawang hitam tadi sebagai masker wajah dan diamkan selama 10 menit
  • Setelah itu kemudian bersihkan wajah dengan air bersih

Untuk hasil maksimal, dianjurkan untuk menggunakan masker wajah bawah hitam tersebut secara rutin dan teratur.

Bawang Hitam dapat Menghilangkan komedo

Selain jerawat, masalah kulit wajah yang juga sering dialami oleh para pria ataupun wanita adalah komedo. Meskipun berukuran kecil, komedo bisa sangat menganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Dan seperti jerawat, komedo ini juga bisa diobati atau dibersihkan menggunakan bawang hitam. Cara penggunaan dan pembuatannya pun hampir sama yakni :
  • Siapkan beberapa siung bawang hitam kemudian bersihkan dengan air
  • Lalu tumbuk bawang hitam tersebut sampai benar-benar halus
  • Gunakan tumbukan bawang hitam tadi dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit wajah yang ditumbuhi komedo
  • Tunggu sekitar 10 menit dan selanjutnya lakukan pembersihan wajah dengan air bersih

Selain dengan cara mengoleskan tumbukan bawang hitam. Anda juga bisa mengkonsumi langsung bawang hitam tersebut secara rutin dengan dosis 2-3 siung perhari.

Bawang Hitam dapat Menghindari efek buruk penggunaan kosmetik

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kosmetik adalah merkuri. Seiring penggunaan kosmetik yang berlangsung lama, bukan tidak mungkin senyawa merkuri tersebut mengendap dan mengakibatkan masalah atau penyakit kulit yang tidak diinginkan.

Nah untuk membersihkan sisa-sisa merkuri yang mengendap di kulit wajah yang terserap lewat pori-pori. Anda bisa mengkonsumsi bawang hitam secara teratur sebagai penangkalnya.

Ternyata banyak sekali manfaat yang terdapat pada bawang hitam untuk kecantikan. Namun meskipun begitu, anda juga tidak boleh serampangan dalam menggunakannya. Pergunakan secara wajar waja tanpa berlebihan. sekian artikel Khasiat Bawang Hitam Untuk Kecantikan semoga bermanfaat

0 Response to "Khasiat Bawang Hitam Untuk Kecantikan"

Posting Komentar